Di Desa Kracak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terdapat Curug Cilontar yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan debit air yang cukup deras sepanjang tahun. Curug ini mengalir di Sungai Cianten yang berasal dari pegunungan Halimun-Salak dan merupakan sumber air untuk PLTA Kracak. Sungai ini terhubung dengan aliran sungai Cikaniki dan bermuara ke aliran sungai besar Cisadane.

Pesona keindahan alamnya begitu memanjakan sejauh mata memandang, suasana di sekitar air terjun sangat indah. Tampak pepohonan yang rimbun, tanaman yang menjalar di bebatuan samping air terjun, hingga hijaunya kolam tampungan air. Semuanya mengundang decak kagum sehingga sangat pas untuk melepas lelah dan kepenatan di kala weekend. Mumpung belum jadi tempat wisata yang banyak dikunjungi orang, sehingga kita bisa menikmati dalam suasana yang tenang dan damai.

Namun Anda harus pantau cuaca saat akan berkunjung ke air terjun Cilontar. Sebagian warga sekitar mempercayai kalau sungai ini seringkali datang air bah khususnya di musim hujam sehingga dilarang untuk berenang di area yang debit airnya deras. Juga diyakini terdapat pusaran di dalamnya sehingga berbahaya. Disarankan tidak di ari kolam yang dalam, tapi di pinggiran yang aliran yang tidak terlalu dalam.

Comments

comments